2013/01/17

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan banyak dibutuhkan orang, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga karena Kesehatan adalah mahal harganya. Setiap orang mengingnkan kondisi fisik yang prima dan badan sehat.

Ketika terkena penyakit, seseorang akan berusaha maksimal untuk berobat ke dokter agar bisa segera sembuh. Tetapi, seringkali banyak biaya yang dikeluarkan saat pemulihan kesehatan. Apalagi, jika terkena penyakit kritis yang bisa menguras uang tabungan atau menjual asset kekayaannya untuk biaya berobat.

Hal-hal tersebut diatas yang membuat orang berusaha mengantisipasi risiko kesehatan dengan membeli polis asuransi kesehatan karena pihak asuransi yang akan menaggung biaya kesehatan apabila terkena resiko sakit atau perawatan medis.

Bagaimana cara memilih perusahaan asuransi kesehatan? Inilah tips nya:

Perhatikan reputasi perusahaannya

Anda harus memilih Perusahaan asuransi yang mempunyai reputasi baik sebelum memutuskan untuk membeli polis asuransi kesehatan. Sebaiknya anda mencari informasi jumlah dan penyebaran cabangnya di area tertentu. Lacak track recordnya melalui media online maupun offline.

Pelajari penawaran polisnya

Catat semua informasi penting mengenai asuransi kesehatan tersebut yang meliputi manfaat yang ditawarkan, besaran premi asuransi yang harus dibayarkan ke perusahaaan asuransi, berapa lama masa proteksi asuransi kesehatan, dan prosedur apabila terjadi klaim asuransi. Tanyakan semua informasi asuransi kesehatan yang dibutuhkan secara detail sehingga diperoleh gambaran kebutuhan akan layanan asuransi kesehatan.

Layanan kesehatan

Perhatikan daftar rumah sakit atau lembaga kesehatan yang sudah terdaftar dan menjadi rekanan perusahaan asuransi kesehatan tersebut. Cari informasi manfaat yang ditawarkan oleh perusahaan, Apakah hanya meliputi tindakan dokter, rawat inap, obat-obatan, operasi, atau mencakup semua layanan kesehatan yang dibutuhkan oleh peserta pemilik polis asuransi.

Daftar Penyakit yang dicover

Cari informasi daftar penyakit yang dicover oleh perusahaan asuransi kesehatan tersebut termasuk klaim untuk penyakit kritis, seperti kanker, jantung, diabetes, atau lain-lain. Tanyakan juga, apakah resiko cacat tetap, terkena serangan stroke, atau kecelakaan juga ikut dicover.

Berapa lama Masa proteksi

Berapa lama masa proteksi yang ditawarkan? Sebuah Perusahaan asuransi kesehatan yang baik akan memberikan masa proteksi asuransi kesehatan sampai umur 75 tahun karena di usia lanjut ini orang lebih mudah terserang penyakit dan membutuhkan klaim asuransi kesehatan.

Tata cara dan Prosedur klaim

Hal terpenting dan wajib diketahui adalah mengenai bagaimana tatacara pengajuan klain asuransi dan bagaiama cara perusahaan asuransi akan membayar. Tanyakan dengan mendalam mengenai cara-cara untuk mengajukan klaim, di mana kantor yang bisa menerima keluhan, dan kemungkinan-kemungkinan terburuk yang bisa terjadi dan bagaimana cara penyelesaiannya.

Semoga bermanfaat ...
Posted by: Sugeng Setyawan
Berita Terbaru, Updated at: 01.56

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Reviewed by petir on 2013/01/17 Rating: 4.5