2013/01/15

Cara Memilih Gitar Akustik

Cara Memilih Gitar Akustik - Bermain gitar akustik saat seorang diri atau ngumpul bersama teman-teman memang mengasyikkan dan bisa memberikan kegembiraan serta hiburan yang murah meriah. Gitar Akustik menjadi salah satu alat musik yang banyak dicari orang sehingga penjualan gitar jenis ini menjadi laris manis. 

Jika anda ingin membeli gitar akustik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kita mendapatkan barang yang bagus, tidak menghasilkan suara suara fals dan sumbang yang akan mengganggu kegembiraan saat bernyanyi.

Bagaimana Cara Memilih Gitar Akustik yang baik? Simak tips berikut ini :

1.Fret
Biasanya terdapat 18 fret untuk senar nylon, atau bisa lebih untuk yang steel guitar. Sebaiknya anda langsung mencoba nada tiap fret dengan memetik gitar akustik pilihan anda. Perhatikan jika ada  2 fret yang menghasilkan satu nada sama atau malah mengeluarkan nada yang sumbang(fals)

2.Senar
Saat memilih jenis senar nylon atau steel, pilihlah type yang lentur. Biasanya senar nylon akan lebih awet dibandingkan senar steel dalam hal kelenturannya.

3.Bahan
Pilihlah jenis bahan yang kuat. Gitar akustik dengan body dari kayu lapis, pilih yang tebal tetapi mempunyai daya akustik yang bagus agar suara/nada yang dihasilkan bisa terdengar maksimal jernih

4.Neck
Pilihlah gitar dengan neck yang kuat dan lurus agar tidak mudah patah atau bengkok. Ada beberapa pabrik yang menambahkan plat logam juga di dalam neck guitar.

5.Pickups
Bersifat opsional untuk gitar akustik, boleh ditambahkan, kalo mau ditambahkan, carilah seperti untuk yang guitar elektrik. pemutar senar dan head(headstock): untuk pemutar senar gunakan yang tahan karat.

6.Stem
Stem gitar akustik dengan teliti dengan mencoba nada-nada baku dan tidak ada nada yang sumbang.
Posted by: Sugeng Setyawan
Berita Terbaru, Updated at: 17.51

Cara Memilih Gitar Akustik Reviewed by erse on 2013/01/15 Rating: 4.5