2013/01/14

Cara Mencuci Tangan Yang Benar


Cuci tangan sebelum makan! Itu pelajaran kebersihan yang kita dapatkan sejak kecil. Tetapi, sebetulnya Mencuci tangan harus sering dilakukan ketika kita merasa bahwa ada kotoran yang menempel tetapi ya tentu saja tidak perlu terlalu berlebihan. Cuci tangan secukup saja sesuai kebutuhan. Mencuci tangan bisa menggunakan air atau cairan pembersih yang lain.

Tim peneliti dari University of Michigan, Amerika Serikat, membuktikan bahwa dengan mencuci tangan akan membantu membersihkan perasaan buruk. Aktivitas bersih-bersih ini akan berdampak positif pada kesehatan fisik dan psikologis.

Tetapi, sayang banyak orang yang tidak suka mencuci tangan. Padahal, kegiatan ini harus dilakukan minimal lima kali sehari jika berada di tempat terbuka ketika banyak beraktifitas yang membuat kita akan  bersentuhan dengan peralatan maupun orang lain agar kuman yang menempel bisa menghilang.

Bagaimana cara mencuci tangan yang benar? Baca dulu yang berikut ini:

Basahi tangan dengan air hangat
Sebaiknya anda membasahi terlebih dahulu tangan dengan air hangat sebelum diberi sabun karena sabun bisa lebih berbusa yang akan mengangkat semua kotoran di tangan. Tetapi, hasil penelitian dari Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) menyatakan bahwa air biasa saja sudah cukup baik untuk membersihkan dan menghilangkan kuman.

Gosok sabun di tangan sampai berbusa
Hal penting ketika mencuci tangan adalah Menggosok tangan. Saat mencuci tangan sebaiknya menyabuni kedua sisi tangan mulai dari pergelangan tangan hingga ujung jari-jari dan jangan lupa menggosokkan sabun di sela-sela jari. Lakukan hal ini selama 20 detik, lalu bilas dengan menggunakan air mengalir agar kuman penyakit bisa larut.

Keringkan tangan dengan benar
Langkah terakhir adalah mengeringkan tangan menggunakan handuk kering atau tisu  bersih. Jika tangan masih basah bisa membuat kuman akan menempel kembali di tangan Anda.
Posted by: Sugeng Setyawan
Berita Terbaru, Updated at: 15.27

Cara Mencuci Tangan Yang Benar Reviewed by erse on 2013/01/14 Rating: 4.5