2013/01/11

Cara Memilih Menu Diet Sehat

Cara Memilih Menu Diet Sehat Diet sehat bukan hanya mengurangi porsi makan sehari-hari tetapi harus mengkonsumsi menu diet sehat untuk mengontrol pola makan dalam takaran seimbang tidak berlebihan dan kekurangan yang bisa berakibat merugikan kesehatan. Banyak orang yang melakukan diet ekstrim dengan langsung mengurangi sebagian besar porsi makannya dengan harapan bisa mengurangi bobot tubuh agar terhindar dari kegemukan atau obesitas. Tetapi, hal ini justru bisa merugikan tubuh kita, bahkan akan membawa penyakit ketika kita terlalu memaksa tubuh kita untuk bekerja keras dengan aktifitas yang dilakukan setiap hari tetapi asupan makanan berkurang.

Pola diet seperti ini bisa mengganggu kesehatan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk melakukan diet sehat dengan memperhatikan jenis makanan sehat yang akan disantap.

Cara Memilih Menu Diet Sehat

Menu diet sehat adalah tetap menjaga porsi makanan seimbang ( tidak dikurangi bahkan dilebih-lebihkan), penuh gizi namun ada tambahannya yaitu diharapkan makanan yang dimakan penuh akan serat yang dibutuhkan tubuh dan teratur di waktu makan pagi, siang, dan makan malam.

Dianjurkan untuk dikurangi dan dihindari makan cemilan ataupun makan makanan berat pada waktu malam hari, kerena tidak adanya aktifitas tubuh pada malam hari sehingga bisa menimbulkan kegemukan.

Minum minuman yang rendah kalori seperti teh hijau dan mengurangi kadar gula dalam minuman.

Untuk tahap selanjutnya adalah mengurangi porsi makan secara perlahan dalam jangka waktu lama. Misalnya dengan mengurangi satu sendok makan dalam kurun waktu 3 hari sekali dan dilakukan secara berkelanjutan.

Anda juga harus mengkonsumsi buah-buahan sebagai menu penyeimbang makanan pokok yang berguna untuk menjaga kesehatan. Buah dapat dimakan secara langsung ataupunn dibuat minuman jus. Hal penting yang harus diperhatikan adalah saat membuat jus harus menguragi kada gula yang dipakai sebagai tambahan pemanis.

Sebaiknya anda yang sedang melakukan diet harus memperbanyak minum air putih untuk mengurangi resiko dehidrasi (kekurangan cairan) di dalam tubuh. Banyak minum juga membawa pengaruh bisa mengurangi rasa lapar.

Langkah terakhir adalah rutin melakukan olahraga secara teratur.
Posted by: Sugeng Setyawan
Berita Terbaru, Updated at: 15.42

Cara Memilih Menu Diet Sehat Reviewed by petir on 2013/01/11 Rating: 4.5