2013/01/13

Cara Membuat Bakso

Bakso adalah salah satu budaya kuliner yang banyak penggemarnya. Menu ini konon berasal dari negeri tirai bambu China. Banyak kedai penjual bakso di beberapa daerah dan semuanya mempunyai pasar konsumennya sendiri.

Aroma daging dan kuahnya yang gurih wangi sungguh membuat ketagihan siapapun yang mengkonsumsinya. Ada berbagai macam jenis bakso tersedia di pasaran misalnya bakso urat, bakso ikan, bakso udang, bakso keju, bakso bakar, dll. Cara penyajian bakso memiliki kesamaan yaitu disajikan bersama kuah hangat, mie, seledri, bawang goreng, sambal, saus, kecap, dll.

Bagaimana cara membuat bakso?
Inilah resep bakso bagi anda yang ingin belajar dan mungkin bisa menjadi satu peluang bisnis yang menjanjikan.

Bahan baku membuat bakso :

- 1 kg daging sapi giling
- 1 ons tepung kanji
- 6 siung bawang putih
- 1 senduk makan garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- penyedap rasa secukupnya

Cara membuat bakso :

1. Haluskan bawang putih, bisa dengan diblender atau ditumbuk.
2. Campurkan bawang putih halus ke dalam adonan daging sapi giling, lalu ditambahkan merica, garam, penyedap rasa, sekaligus tepung kanji.
3. Aduk dan uleni adonan tersebut hingga merata kurang lebih 10 menit
4. Setelah adonan tercampur rata lalu dibentuk menjadi bulatan menggunakan tangan sesuai ukuran yang diinginkan, sebaiknya usahakan agar ukurannya tidak terlalu besar agar bakso matang secara cepat dan merata.

Cara membuat bulatan bakso adalah dengan mengambil segenggam adonan, remas dan tekan kearah ibu jari. Adonan yang keluar dari antara ibu jari dan telunjuk akan membentuk bulatan dan bisa anda ambil menggunakan sendok. Agar tidak lengket anda bisa melumasi telapak tangan anda dengan minyak goreng.




Cara lainnya adalah menggunakan 2 sendok. Ambil adonan dengan menggunakan 1 sendok lalu kemudian bentuklah bulatan dengan menggunakan sendok yang satunya.

5. Bulatan bakso dimasukkan ke dalam air panas dan direbussampai matang. Tanda bakso adalah bisa mengapung di permukaan air mendidih. Proses perebusan biasanya sekitar 10-15 menit.
6. Angkat bakso yang telah matang dan tiriskan dalam suhu ruangan.

Bahan untuk membuat kuah bakso :

- Tulang sapi
- Air

Bumbu kuah bakso :

- Bawang putih 5 siung, goreng dan haluskan
- Bawang merah 4 siung, goreng dan haluskan
- Bawang goreng 1/2 sdm, haluskan
- gula 2 sdt
- garam 1 sdm
- lada 1/2 sdt
- daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya, iris halus
- kaldu sapi instan, 2 sdt

Cara membuat kuah bakso :
Rebus air, tulang dan semua bumbu sampai mendidih dan tulang menjadi matang. Kecilkan api dan sajikan bakso bersama kuahnya. Anda bisa menambahkan bawang goreng, tahu, seledri, sambal, saus, kecap dll
Posted by: Sugeng Setyawan
Berita Terbaru, Updated at: 11.13

Cara Membuat Bakso Reviewed by petir on 2013/01/13 Rating: 4.5