2012/10/08

Teh Herbal

Teh Herbal? Dibenak anda akan memikirkan bahwa ini merupakan teh. Wikipedia menjelaskan Teh Herbal adalah sebutan untuk ramuan bunga, daun, biji, akar, atau buah kering untuk membuat minuman yang juga disebut teh herbal. Walaupun disebut "teh", ramuan atau minuman ini tidak mengandung daun dari tanaman teh.
Teh Herbal

Nah berikut ini adalah tanaman-tanaman yang biasa dibuat teh herbal, seperti dilansir Womansday.

Tanaman Teh Herbal

1. Kamomil
Teh Herbal Kamomil

Chamomile atau kamomil ialah bunga yang biasa dibuat teh herbal. Bunga ini terkenal karena mempunyai kemampuan menenangkan tubuh dan pikiran, serta meningkatkan kualitas tidur. Yang dijadikan teh ialah kelopak bunga ini. Kamomil sering dikombinasikan dengan tanaman herbal lain, seperti valerian untuk menciptakan efek menenangkan.

2. Serai
Teh Herbal Serai

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, serai juga bisa dibuat menjadi teh herbal. Teh serai sering disajikan sebagai minuman setelah mengonsumsi minuman beralkohol untuk membantu perncernaan. Hal ini disebabkan oleh zat atau bahan aktif dalam serai yang disebut citral (dapat ditemukan juga di kulit lemon). Teh herbal serai dapat dicampur dengan lemon.

3. Melati
Teh Herbal Melati

Bunga melati sering sekali menjadi campuran dalam minuman teh. Tidak seperti teh herbal lain, melati disukai karena aromanya yang kuat, bukan karena nilai kesehatan. Biasanya, minyak dari kelopak bunga melati dikombinasikan dengan teh hijau atau teh roobios untuk menciptakan ramuan teh yang menyehatkan.

4. Pepermint
Teh Herbal Pepermin

Daun pepermin atau peppermint biasanya menjadi salah satu campuran teh hitam atau teh hijau. Namun, daun ini juga bisa dijadikan sebagai teh herbal dan kadang-kadang disebut sebagai teh mint. Diyakini bahwa mentol yang terkandung dalam daun ini membantu menenangkan sindrom iritasi usus, mual, dan penyakit perut lainnya dengan cara menenangkan otot-otot perut dan meningkatkan aliran empedu. Peppermint juga dikatakan bisa menyembuhkan bau mulut.

5. Bunga echinacea
Teh Herbal Echinacea

Ada banyak perdebatan mengenai apakah echinacea benar-benar dapat mencegah atau menyembuhkan flu biasa. Tapi teh herbal echinacea diakui secara luas sebagai ramuan kuat mengandung zat aktif yang mampu meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh karena mengandung polisakarida (substansi yang dikenal untuk memicu aktivitas sistem kekebalan tubuh), mengurangi rasa sakit, mengurangi peradangan dan memiliki efek antioksidan. Teh disiapkan dengan menanamkan dengan air panas daun dan bunga dari bagian paling atas dari bagian tumbuhan yang diyakini mengandung polisakarida.

6. Rosehip
Teh Herbal Rosehip

Rosehip ialah benih warna merah-oranye berbentuk polong sebelum bunga rosehip mekar. Ketika direbus dengan air, mereka menghasilkan teh dengan rasa tajam tart berwarna merah muda. Terkenal karena konsentrasi tinggi vitamin C, minuman herbal ini bernilai karena dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh (beberapa menganggap lebih unggul dari suplemen vitamin C). Setiap teh dengan rasa berry atau buah biasanya berisi rosehip.

7. Daun blackberry
Teh Herbal Daun BlackBerry

Dipetik, dikeringkan di bawah sinar matahari, dan diresapi dengan air mendidih, daun blackberry ialah inti dari teh rasa berry. Studi menunjukkan bahwa daun blackberry mengandung flavonoid yang dikenal karena aktivitas antioksidan mereka.

8. Kembang sepatu
Teh Herbal Kembang Sepatu

Teh herbal bunga kembang sepatu disukai karena rasanya yang tajam dan nilai kesehatan sebagai diuretik alami.

9. Kulit jeruk
Teh Herbal Kulit Jeruk

Teh herbal dari kulit jeruk yang diseduh atau direbus dengan air memiliki aroma kuat dan dikenal karena dapat meingkatkan sistem kekebalan tubuh.

10. Hawthorn
Teh Herbal Hawthorn

Daun, bunga, dan buah tanaman hawthorn digunakan dalam berbagai rasa berry. Tanaman ini diyakini mengandung flavonoid kompleks yang membantu meningkatkan kesehatan jantung, merilekskan tubuh dan pikiran, melebarkan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi stres pada jantung. Berry hawthorn juga diyakini dapat meringankan retensi air dengan cara mengeringkan kelebihan garam dalam tubuh.

Teh herbal telah digunakan lebih dari ribuan tahun lalu sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan jaga kesehatan. Sayangnya, pengobatan modern telah membuat banyak orang melupakan khasiat teh herbal. Teh herbal tidak kalah dari segi manfaat khasiat dibanding dengan Susu Kambing. Bagi anda yang tidak menyukai susu bisa mencoba teh herbal. Mulailah sekarang untuk minum teh herbal untuk kesehatan anda.
100out of 100 based on 575858 ratings. 1 user reviews.
Posted by: Sugeng Setyawan
Berita Terbaru, Updated at: 03.14

Teh Herbal Reviewed by Unknown on 2012/10/08 Rating: 4.5