2012/04/03

FB Facebook

FB atau facebook belum genap berusia 10 tahun karena pada 4 Februari 2012 ini facebook yang sering di sebut dengan fb baru genap berulang tahun yang ke 8, akan tetapi raksasa jejaring social yang di gawangi oleh seorang yang tidak lulus kuliah bernama Mark Zuckerberg, telah menjelma menjadi salah satu raksasa di bindang TI, dan sampi tahun 2012 ini fb mengklaim telah di gunakan oleh lebih dari 800 juta user di seluruh dunia, dan Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang pemakai facebook yang cukup banyak karena masuk dalam 3 besar negara pengguna fb terbesar di dunia,
FB Facebook
Pada kesempatan ini saya pengen memberikan kilas balik perjalanan facebook yang beralamat di www.facebook.com ini kepada anda sekalian, sebelum melakukan kilas balik sebaiknya kalian mencoba dulu apa saja yang ada si situs fb ini, dan jika belum punya akun di facebook bisa membaca postingan saya mengenai cara daftar fb,

Tahun 2004
Februari: Mulai di luncurkan secara online dengan nama domain Thefacebook.com, di gawangi oleh Zuckerberg yang saat itu masih berusia 19 tahun dan tiga teman sekamarnya serta teman sekelas di Harvard, yakni Chris Hughes, Eduardo Saverin dan Dustin Moskovitz.
Mei: Zuckerberg pindah ke Silicon Valley dan memutuskan untuk tidak kembali ke Harvard untuk semester musim gugur.
Juli: FB mendapatkan investasi uang senikai: US$500 ribu dari salah satu pendiri PayPal, Peter Thiel.
September: FB mulai memperkenalkan fitur "The Wall" untuk profil pengguna.

Tahun 2005
April: FB memperoleh suntikan dana besar putaran kedua sebesar US$12,7 juta dari Accel Partners.
Agustus: Resmi mengubah namanya menjadi Facebook.com.

Tahun 2006
Februari: Viacom memberikan penawaran untuk membeli fb sebesar US$1,5 miliar, akan tetapi di tolak . selain Viacom raksasa Yahoo! Juga memberikan tawaran senilai US$1 miliar akan tetapi tetap saja zuckerberg tidak bergeming.
September: FB memberikan fitur baru yakni "News Feed" dan keanggotaan fb sudah di buka untuk umum asal user telah berusia lebih dari 13 tahun

Tahun 2007
September: Facebook mengucurkan dana segar senilai US$10 juta, untuk para developer yang baik itu perusahaan maupun individu yang ingin mengkreasikan aplikasi facebook
Oktober: FB Sudah mempunyai 50 juta User sehingga membuat Microsoft tergiur untuk mengambil saham senilai US$240 juta di FB dimana saham FB ini di nilai setara dengan US$15 miliar..

Tahun 2008
Februari: Sebuah penyelesaian US$65 juta dicapai dengan si kembar Tyler dan Cameron Winklevoss atas tuduhan bahwa Zuckerberg mencuri ide mereka untuk Facebook semasa di Harvard.
Maret: Sheryl Sandberg, seorang eksekutif utama Google, mulai menjabat sebagai chief operating officer serta mulai meluncurkan situs fb di Prancis dan Jerman.
April: Fb berhasil menggeser myspace sebagai raksasa situs jejaring social di dunia.
Agustus: Jumlah anggota fb mencapi 100 juta pengguna.
September: Zuckerberg memperoleh penghargaan sebagai salah satu dari 400 orang Amerika terkaya oleh Majalah Forbes dengan kekayaan diperkirakan sebesar US$1,5 miliar.
Oktober: Fb membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia.

Tahun 2009
Maret: Facebook meluncurkan aplikasi mobile pertama untuk situs
April: Jumlah anggota facebook menembus angka 200 juta.
Mei: Digital Sky Technologies mengeluarkan dana sebesar US$200 juta di Facebook dimana facebook mempunyai nilai setara US$10 miliar.
September: Jumlah anggota facebook telah mencapai 300 juta pengguna.

Tahun 2010
Februari: Pengguna fb tembus di angka 400 juta.
Mei: Pakistan menutup akses ke Facebook setelah sebuah perlombaan mendorong pengguna untuk mengirim karikatur Nabi Muhammad di situs.
Juli: Jumalah pengguna facebook tembus ke angka 500 juta. Lady Gaga menjadi orang pertama dengan 10 juta penggemar di Facebook.
Agustus: Facebook meluncurkan Facebook Places,
Oktober: The Social Network, film yang sutradarai David Fincher tentang asal dari Facebook, sukses di bioskop-bioskop.
November: Email Facebook.com diperkenalkan .

Tahun 2011
Januari: Sebuah penawaran saham privat menghasilkan US$1,5 miliar dari investor dan nilai Facebook pada US$50 miliar.
Februari: Facebook mengumumkan rencana untuk pindah dari Palo Alto ke sebuah kampus luas yang pernah menjadi basis untuk Sun Microsystems di dekat Menlo Park.
September: Fb memperkenalkan timeline, buat yang tidak suka tampilan timeline silahkan membaca postingan saya mengenai cara mengembalikan tampilan facebook timeline ke tampilan lama

Tahun 2012
Januari: Facebook mengajukan untuk penawaran umum saham perdana (IPO) yang ingin menghimpun sedikitnya US$5 miliar.

Itulah sedikit kilas balik mengenai fb yang sekarang ini lagi di gemari oleh para kawula muda di Indonesia dan di dunia bahkan sampai ibu-ibu juga kecanduan untuk online di facebook,
Posted by: Sugeng Setyawan
Berita Terbaru, Updated at: 13.43

FB Facebook Reviewed by Unknown on 2012/04/03 Rating: 4.5